Rabu, 28 Desember 2016

Frase Dasar Dalam Papiamento

Penduduk Kepulauan ABC - Aruba, Bonaire dan Curacao - telah lama berbicara bahasa dikenal sebagai Papiamento. Bahasa Creole ini adalah produk dari sejarah unik yang, dalam banyak hal, menceritakan kisah kawasan Karibia seluruh dan masa lalu kolonial. 

The Papiamento leksikon menarik sekitar 60% dari ketentuan-ketentuannya dari Portugis (termasuk beberapa pengaruh Spanyol), 25% dari lidah Belanda dan tambahan 15% dari bahasa Afrika Barat. Saat ini, banyak Arubans berbahasa Belanda, Inggris dan Spanyol selain Papiamento asli mereka - sekarang bahasa resmi dari Antillen Belanda dan Kepulauan ABC.


Sementara sejarawan dan ahli bahasa dapat menentukan asal kata yang paling Papiamento, asal-usul bahasa tersebut masih diperdebatkan. Ada dua teori utama mengenai penciptaan bahasa Papiamento. Pertama, ulama selama bertahun-tahun percaya bahwa Papiamento dikembangkan di Karibia untuk memfasilitasi komunikasi antara budak Afrika dan pedagang berbahasa Portugis. 

Menurut teori ini, Papiamento tetap terutama kombinasi lidah Afrika dan Portugis, sedangkan pengaruh Spanyol dan Belanda memasuki bahasa kemudian sebagai Kepulauan ABC berpindah tangan kolonial.

Baru-baru ini, sebuah teori telah dikembangkan yang menempatkan akar Papiamento di pantai barat Afrika dan Cape Verde Islands. Selama abad ke-16 dan ke-17, hampir semua budak yang tiba di Karibia (dan di tempat lain di Dunia Baru) melewati pelabuhan Afrika Barat. Beberapa bahasa Creole dikembangkan di pelabuhan ini - termasuk Ostrinia furnacalis Guene yang memiliki kemiripan yang kuat untuk Papiamento - dan akhirnya membuat jalan mereka ke Karibia. 

Banyak Arubans bahkan telah ada teori sendiri di mana dan kapan Papiamento dikembangkan. Namun, fakta bahwa kisah nyata Papiamento mungkin tidak akan pernah diketahui hanya tampaknya untuk memberikan bahasa mistik untuk mencocokkan sekitarnya eksotis.

Belajar hanya frase sederhana dapat pergi cara panjang ke arah yang menunjukkan orang-orang yang ramah dari Aruba yang Anda traveler peduli dan berpengetahuan. Penduduk setempat Anda berinteraksi dengan akan menghargai usaha Anda, sementara Anda akan memiliki belajar Papiamento sedikit menyenangkan. 

Meskipun Anda mungkin tidak pernah mendengar tentang Papiamento sebelum membaca artikel ini, bahasa tidak akan tampak sebagai "asing" seperti yang Anda harapkan. Jika Anda pernah belajar bahasa Spanyol atau Portugis Anda akan segera mengenali banyak hal dan memiliki waktu yang mudah beradaptasi dengan bahasa. Ketika Anda mempersiapkan untuk perjalanan Anda ke Aruba, berkonsultasi daftar ini istilah dan frase yang umum digunakan:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar